Minggu, 01 November 2015

Review Path dan Instagram jejaring sosial baru yang menyenangkan

 













    Banyak dari kita yang lebih memilih mengabadikan moment tak terlupakan dalam sebuah jepretan foto. Selain menjadi media yang everlasting, foto kini juga telah menjadi trend dalam kehidupan sehari-hari. Ntah ketika dalam keadaan senggang, dalam perjalanan, hingga kegiatan sehari-hari kita bisa dengan mudah mengambil foto lewat gadget yang kita miliki. Nah ini pula yang melatar belakangi makin berkembangnya media sosial yang lebih berfokus pada sisi photo sharing. Salah satunya yakni media sosial Path dan Instagram.

     Siapa yang tak kenal Path dan Instragram? Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Bagi kamu yang hobi bercengkrama dengan social media seperti Facebook dan Twitter. Pasti sering melihat temanmu menggunakan social media yang cukup unik ini. Yang saya maksud adalah Path, sebuah social media yang dikhususkan untuk teman terdekat saja. Untuk itu mari kita sedikit intip Path pada platform Android. Seperti apa sih? 

      Jejaring sosial yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat ini diluncurkan pada bulan November tahun 2010.  Dengan digawangi pemain-pemain yang handal di belakangnya seperti Dave Morrin ( mantan karyawan facebook), Shawn Fanning (pencipta Napster) dan Dustin Mierau (pengembang Mac Napster), Path berhasil mencuri perhatian para pecinta jejaring sosial.

     Path hadir dengan 12 varian bahasa, yaitu Inggris, Belanda, Cina, Italia, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Portugal, Rusia, Spanyol, dan Swedia. Pada mulanya Path hanya khusus untuk pengguna iOS, namun sekarang telah dikembangkan untuk bisa digunakan oleh pengguna Android. Bahkan Path telah berancang-ancang untuk merambah dunia Blackberry.
  








   

  Keunikan jejaring sosial Path adalah pembatasan jumlah pertemanan yang hanya 150 teman. Sedikit? Path memang sengaja membatasi jumlah pertemanan yang hanya 150 dikarenakan Path lebih menitikberatkan pada sosialisasi yang benar-benar dilakukan dengan orang terdekat saja. Angka 150 tersebut dianggap sebagai jumlah yang ideal untuk pertemanan yang hanya dilakukan dengan kerabat terdekat. Dave Morrin, pendiri dan CEO Path tersebut mengatakan bahwa yang menjadi visi utama Path adalah untuk membuat sebuah jejaring sosial dengan kualitas tinggi dan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.

      Tampaknya, Path responsif terhadap kelemahan-kelemahan pesaingnya yang lebih dulu merajai dunia jejaring sosial, facebook misalnya. Banyaknya jumlah pertemanan yang mencapai ribuan, 50% lebih dari pertemanan tersebut kebanyakan adalah orang-orang baru dan tentu saja belum dikenal. Hal ini justru menimbulkan rasa risih ketika orang-orang yang belum dikenal atau tidak terlalu akrab tersebut ikut berkomentar pada status, foto atau video yang diunggah. Banyaknya iklan-iklan baik dari pengguna lain maupun dari website itu sendiri semakin menambah ketidaknyamanan bagi sebagian user tersebut.

     Dengan pembatasan jumlah pertemanan yang hanya 150, Path justru terlihat eksklusif dan dianggap sebagai jejaring sosial yang ideal untuk bersosialisasi dengan kerabat dan teman dekat.


Fitur-Fitur Path :

Profil
Fitur ini memungkinkan user untuk mengatur tampilan halaman Path-nya seperti mengunggah avatar, mengubah latar belakang halaman, mengunggah momen. Momen-momen tersebut juga dapat dihubungkan dengan jejaring sosial lain seperti facebook, twitter, foursquare dan tumblr.

Belanja
Disini pengguna dapat mendownload stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan. Setiap stiker dan filter dalam fitur ini merupakan produk berbayar.

Mengunggah foto, video, dan lokasi
Pengguna dapat mengupload foto maupun video dari ponselnya atau mengambil secara langsung. Untuk mengunggah lokasi fitur ini dapat disambungkan dengan jejaring sosial forusquare dengan penandaan menggunakan GPS.

Tidur
Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan.

Terlihat
Dari fitur ini pengguna dapat mengetahui seberapa banyakkah pengguna lain yang meilhat momen yang diunggahnya.

Musik, Film, Buku
Anda dapat berbagi tentang musik, film dan buku-buka apa saja yang menjadi favorit Anda.

Menulis Status dan Komentar
Seperti halnya pada jejaring sosial pada umumnya, mengunggah status dan berkomentar pada momen yang diunggah teman dapat Anda lakukan pula di Path. Sudah sewajarnya jika situs jejaring sosial menyediakan fitur ini karena inilan fitur dasar dan paling sering digunakan. 
 Kelebihan dari Path yaitu :

-  Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, 
    tempat/lokasi kita berada.
-  Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter
-  Path memiliki 8 Free Filter Lenses utk mempercantik foto/video
-  Memiliki fitur chat
-  Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita

 
Kekurangan dari Path yaitu :

- Path hanya membatasi 150 teman 
- Banyaknya kategori posting-an kadang membuat pengguna menjadi over-sharing 
  di timeline miliknya.









 


Apa itu Instagram?
Instagram merupakan salah satu media sosial populer di dunia, termasuk Indonesia yang memiliki berjuta anggota dari beragam tipe akun media sosial. Awal kehadiran Instagram dirintis sebagai aplikasi berbasis iOS, yang kemudian justru dipopulerkan dan dibesarkan namanya oleh para pengguna Android.

    Aplikasi Instagram adalah aplikasi filter foto yang selama ini eksklusif hanya ada di platform iOS, Instagram kini hadir di platform yang sedang berkembang pesat saat ini, Android. Aplikasi filter foto ini memang bukan aplikasi pertama yang revolusioner namun harus kita akui bahwa kepopuleran aplikasi ini mengalahkan aplikasi serupa milik pesaingnya. Kemungkinan faktor yang membuat aplikasi ini lebih populer adalah dari segi aspek sosial yang dimilikinya. Instagram seperti membentuk kumpulan pengguna yang suka fotografi dari perangkat mobile dengan penambahan efek agar hasil foto terlihat lebih artistik atau terlihat analog. 

     layanan media sosial berbagi foto tersebut kini telah menjelma menjadi mega album miliaran manusia di seluruh dunia. Bahkan sebuah data mengungkapkan tiap detiknya ada ratusan ribu foto yang diungguh via layanan Instagram. Tidak hanya bagi kita yang hobi eksis namun juga yang bergelut di dunia bisnis pun wajib menggunakan media sosial yang satu ini. Dan kali ini Maxmanroe akan membahas mengenai aplikasi android dari layanan Instagram.

     Saking populernya Instagram sebagai sebuah media sosial, banyak orang yang tak tahu arti sebenarnya dari pemakaian kata tersebut. Disusun dari dua kata, yaitu “Insta” dan “Gram”. Arti dari kata pertama diambil dari istilah “Instan” atau serba cepat/mudah. Namun dalam sejarah penggunaan kamera foto, istilah “Instan” merupakan sebutan lain dari kamera Polaroid. Yaitu jenis kamera yang bisa langsung mencetak foto beberapa saat setelah membidik objek. Sedangkan kata “Gram” diambil dari “Telegram” yang maknanya dikaitkan sebagai media pengirim informasi yang sangat cepat.

    Dari penggunaan dua kata tersebut, kita jadi semakin memahami arti dan fungsi sebenarnya dari Instagram. Yaitu sebagai media untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Tujuan tersebut sangat dimungkinkan oleh teknologi internet yang menjadi basis aktivitas dari media sosial ini.

Keistimewaan Instagram
     Kalau hanya untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu cepat, bukankah banyak media sosial lain yang menawarkan konsep serupa? Nah, dari pertanyaan tersebut, Instagram sebenarnya telah menjawabnya melalui serangkaian fitur dari aplikasinya. Mulai dari pemakaian filter hingga optimalisasi hashtag untuk mengelompokkan tema foto.

      Kalau ingin membuktikan lebih dalam tentang keistimewaan Instagram, bisa kita ulik lagi dari seluk beluk aplikasi ini. Pada dasarnya, media sosial ini sebetulnya merupakan aplikasi yang memang sangat dikhususkan untuk para penikmat dan praktisi fotografi. Jadi, dari fungsi tersebutlah bisa diperoleh sejumlah manfaat yang bisa menciptakan hasil-hasil optimal.

Optimalisasi Pemakaian Instagram
     Kecenderungan orang yang latah dalam menggunakan media sosial ialah asal membuat akun namun memperlakukannya sama seperti kebanyakan media sosial lain. Jadi, misalnya ia sudah terbiasa bermain Facebook, maka ia secara tak sadar menggunakan media lain seperti Instagram dengan kebiasaan serupa.
Kalau persoalannya adalah media sosial sebagai alat narsis, hampir setiap orang, baik sadar maupun tak sadar berulang kali mempraktikkannya. Justru dengan sejumlah keistimewaan yang telah disediakan oleh aplikasi seperti Instagram itulah, setiap pengguna bisa memanfaatkannya untuk tujuan tertentu.

Media Promosi
      Semakin banyak orang yang menyadari bahwa Instagram merupakan alat promosi yang sangat ampuh. Kecenderungan para pengguna internet ialah lebih tertarik pada bahasa visual. Nah, dibandingkan dengan media sosial lainnya, Instagram lebih memaksimalkan fiturnya untuk komunikasi melalui gambar atau foto. Ketika bahasa visual mendominasi dunia internet, dari situlah para pelaku bisnis bisa memanfaatkan peluang yang terhampar di depan mata.

     Gaya-gaya promosi dengan Instagram pun sangat unik dan variatif. Kadang, kita bisa menikmati rangkaian foto yang dibuat secara estetis dan sangat menarik perhatian. Penerapan promosi pun bisa diterapkan, misalnya dengan menyelenggarakan sebuah kompetisi khusus bagi para penggemar fotografi. Hanya berbekal gadget dan aplikasi Instagram, maka berbagai karya foto pun bisa dihasilkan dan seolah-olah seperti karya para fotografer profesional.

     Fenomena lainnya yang sangat menarik dari Instagram adalah bagaimana kebanyakan orang tertarik untuk mempopulerkan akun mereka. Tujuannya adalah memperoleh jumlah follower sebanyak-banyaknya. Metode ini sebenarnya sama persis dengan Twitter yang menghasilkan banyak Selebtwit di Indonesia. Begitu pula dengan dunia Instagram yang melahirkan sejumlah Seleb dengan ribuan bahkan jutaan follower. Ketika seseorang sudah punya banyak follower, secara otomatis ia punya reputasi sehingga menarik minat dari sejumlah vendor untuk memasang iklan di akun Instagram mereka. Itulah yang disebut sebagai buzzer yang mampu mendulang banyak keuntungan yang berawal dari hobi postingan di Instagram atau media sosial lainnya.

     Namun untuk membuat sebuah akun Instagram dengan tujuan-tujuan tersebut harulah memiliki kemampuan komunikasi yang cukup bagus. Setidaknya, seorang pemilik akun mampu menghasilkan foto berkualitas dengan gaya kemasan yang unik dan berkarakter. Jadi bukan asal-asalan membuat akun Instagram dan menyebar spam alias promosi dengan cara meninggalkan jejak komentar di sembarang akun Instagram lainnya. 

















Instagram mempunyai beberapa fitur yang memudahkan para penggunanya, Diantaranya :
  1. Fitur Followers atau Pengikut, Fitur ini merupakan fitur yang sangat amat disukai untuk para pengguna instagram. Fitur ini bertujuan untuk mengikuti akun instagram seseorang ataupun akun instagram anda yang diikuti seseorang. Semakin banyak pengikut anda di Instagram, maka akun instagram anda akan semakin populer dan dikenal banyak orang.
  2. Fitur Efek untuk Foto, Fitur ini juga tidak kalah bagus yang terdapat di Instagram. Fitur ini mempunyai kegunaan hampir sama dengan aplikasi mengedit foto untuk terlihat lebih bagus yang sekarang sangat terkenal yaitu Camera 360. Fitur efek foto instagram ini hampir sama dengan Camera 360. Hanya saja yang membedakan lebih bagus Camera 360.
  3. Fitur Bagikan Foto, Fitur ini berfungsi untuk membagikan foto-foto anda kepada pengikut anda di Instagram. ini merupakan fitur yang sangat utama di Instagram.
  4. Fitur Share Untuk membagikan foto kepada Media Sosial lain, Fitur ini mempunyai kegunaan yaitu untuk membagikan foto dari Instagram ke media sosial atau jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, Dll.
  5. Fitur Suka Foto, Fitur ini berguna untuk menyukai foto yang terdapat di akun instagram anda maupun di akun instagram teman anda atau akun instagram yang anda ikuti.
  6. Fitur Halaman Populer di instagram, Fitur ini untuk mengetahui foto-foto apa saja yang sedang populer dan paling banyak disukai oleh pengguna Instagram.
  7. Anda bisa langsung melihat fitur-fitur instagram lainnya dengan cara membuat akun baru atau masuk dengan akun yang sudah ada lewat aplikasi instagram maupun lewat Situs Resmi Instagram.
Instagram juga mempunyai syarat dan ketentuan beserta peraturan untuk para pengguna instagram, yaitu :
  1. Anda harus berumur 13 tahun keatas atau lebih dari 13 tahun, Karena jika belum berumur 13 tahun anda tidak diperbolehkan mempunyai Instagram.
  2. Anda tidak boleh menggunakan instagram untuk tindakan yang ilegal dan melanggar undang-undang. Seperti mengejek pengguna instagram lainnya.
  3. Anda tidak boleh membuat akun palsu di Instagram.
  4. Anda tidak boleh mempunyai DNS (Domain Name Service) yang mempunyai kata ‘Instagram’ nya.
  5. Anda tidak membagikan kata sandi atau password akun instagram anda kepada teman-teman anda.
  6. Anda juga bisa baca peraturan dan syarat lainnya di Terms Of Use Instagram.
Adapun kelebihan Instagram :
  • Sadar akan pasar teknologi. Salah satu keuntungan dari penjualan melalui pengguna Instagram Instagram sudah dijamin untuk melek teknologi. Itu berarti mereka aktif di Instagram juga harus aktif dalam twitter atau facebook. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mempromosikan produk yang Anda jual melalui Instagram dan jaringan sosial lainnya.
  • Pengguna Instagram pasti akan memiliki gadget yang dapat mendukung aplikasi seperti iPhone atau ponsel Android. Ini berarti bahwa pengguna Instagram median adalah kelas menengah. Tentu saja, itu adalah bisnis yang sangat menguntungkan, karena pelanggan lebih cenderung memiliki “kantong” yang cukup tebal.
  • Tampilkan produk yang sederhana. Instagram secara khusus digunakan sebagai aplikasi berbagi foto Instagram dan fitur yang tersedia sangat mendukung gambar produk yang anda upload.
  • Pada Instagram, Anda sebagian besar gambar menggunakan hashtag. Oleh karena itu, kami menyarankan agar pengguna menggunakan hashtag untuk pembeli potensial atau konsumen dengan mudah menemukan produk mereka.
Kekurangan Instagram :
  • Instagram memiliki hampir tidak ada fitur yang dapat mendukung toko online. Bisa jadi ini adalah kelemahan paling serius untuk diadili oleh perusahaan yang menjual melalui Instagram. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan berjualn Instagram itu harus mengerti apa fungsi Instagram yang sebenarnya.
  • Karena berbasis smartphone, maka foto Instagram sering tidak terlihat jelas. Lebih baik jika Anda menampilkan produk Anda melalui layar facebook yang dapat diakses melalui komputer.
  • Sekarang telah mulai mengembangkan Instagram InstaMessage adalah fitur chatting untuk pengguna Instagram. Namun, masih ada banyak pengguna Instagram yang belum pernah menggunakan fitur ini agar dapat berkomunikasi dengan pengguna Instagram harus melalui media lain seperti WhatsApp, Line dan Blackberry Messenger. 


#Sumber Referensi :

http://www.ardilas.com/2013/08/cara-pemakaian-menjalankan-mengoperasikan-aplikasi-instagram-bagi-pemula.html
http://www.ardilas.com/2013/05/apakah-arti-instagram-adalah-merupakan.html
http://suckrockers.blogspot.co.id/2013/12/sosial-media-beserta-kelebihan-dan.html
http://keadill.blogspot.co.id/2014/11/path-manfaat-fiturkelebihan-kekurangan.html
http://www.dumetdevelopment.com/blog/pengertian-instagram-dan-keistimewaannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar