Minggu, 04 Oktober 2015

Artikel Menghargai Orang Lain



MENGHARGAI ORANG LAIN

Untuk mempunyai sifat Menghargai itu susah, tidak lepas dari kehidupan kita di dunia nyata ini, dimana-mana kita menemukan makna menghargai. Menghargai teman bermain, menghargai guru-guru di sekolah, menghargai dosen di kampus, menghargai orang lain walaupun tidak di kenal, yang paling utama adalah menghargai orang tua kita senidiri. Kita harus belajar saling menghargai satu sama lain, memberikan nilai baik pada karya-karya orang lain, bagaimana perkataan atau sikap kita terhadap orang lain.
Segala perkataan yang sudah kita katakan kepada orang-orang di sekitar kita, tidak bisa kita ulang lagi. Kita harus bisa lebih berhati-hati dan berpikiran jernih dalam bersikap dan bertindak. Tidak hanya saja memikirkan diri kita sendiri, melainkan harus bisa melihat dari sisi orang lain dan tidak gegabah dalam mengambil sikap hanya karena emosi. Mari kita hargai apapun itu, sekecil apapun itu. Bagimana kita akan mampu menghargai yang besar kalau kita meremehkan hal-hal kecil atau belum dapat menumbuhkan sifat menghargai dari hal-hal yang kecil.
Untuk menghargai orang lain, saya harus mulai menghargai diri saya sendiri. Saya harus terlihat menarik dihadapan orang lain. Saya harus bertutur kata yang baik begitu juga dengan sikap yang sopan dan santun. Dengan cara ini saya akan mampu menghargai orang lain dengan bijaksana. Dengan cara menjadi sisi orang lain bukan diri kita, kita akan jadi lebih peka terhadap orang lain. Di awali dari kita menghargai orang lain maka kita akan dihargai, dan dari kita menghormati orang lain, kita juga akan dihormati.
Dari pengalaman pribadi saya, menghargai orang tua adalah hal yang sangat penting. Bukan berarti menghargai orang lain tidak penting. Contohnya sebagai anaknya sudah dirawat dari bayi hingga saya tumbuh dewasa seperti sekarang ini. Mereka merawat saya dengan penuh kasih sayang. Mereka membiayai semua kebutuhan. Contohnya biaya sekolah hingga sekarang. Untuk semua itu, saya sebagai anak harus belajar dengan tekun dan rajin. Bagaimana caranya harus menjadi orang yang dapat dibanggakan oleh kedua orang tua. Saya harus berhasil dalam melakukan suatu hal, bisa dalam melakukan pekerjaan saya di rumah dan di kampus. Dengan mendengarkan nasehat baiknya untuk diri saya, dan melakukan apa yang orang tua inginkan, itu semua adalah untuk kebaikan diri saya  dan masa depan. Dengan berhasil dalam melakukan hal tersebut, orang tua akan bangga, dan pengorbanan mereka selama ini tidak akan sia-sia. Karena melihat senyum bangga orang tua sangat berarti untuk saya. Maka dari itu hargailah kedua orang tua selama mereka masih ada di dunia ini.
Sifat menghargai orang lain harus sudah diajarkan dari usia dini. Agar anak-anak kecil sekarang sudah mampu menghargai orang yang lebih tua darinya, menghargai pemberian orang lain, dan yang paling penting menghargai orang tuanya sendiri dan keluarganya. Contoh yang sangat mudah untuk anak kecil menghargai orang lain, dengan cara mengajarkan mereka cara berterima kasih terhadap pemberian orang lain kepadanya.







 

1 komentar:

  1. https://huruftimbul234.wordpress.com/
    https://www.tokopedia.com/linazenda
    https://twitter.com/BsmKontraktor
    https://jualpropertytangerang01.blogspot.com/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads

    BalasHapus